Last Updated on by Linux Jateng

Berikut ini adalah Cara Update youtube-dl ke Versi Terbaru di Ubuntu Linux Mint dan Elementary OS melalui Terminal bukan dari Software Center tetapi update terbaru dari website resminya.




Table Of Contents

Apa Itu YouTube

YouTube adalah video hosting atau situs penyimpanan video dan merupakan situs nomor dua yang paling banyak dikunjungi di dunia. YouTube dapat ditonton dari smart TV, konsol game dan TV, desktop dan laptop, tablet, dan smartphone. Tidak semua perangkat ini membutuhkan gambar yang sama oleh karenanya sifat jaringan dari layanan dan streaming video menunjukkan bahwa kualitas tampilan yang berbeda harus tersedia di situs tersebut.

Kualitas gambar YouTube berkisar dari 144p (144 garis progresif) hingga 8K 4320p. Video terakhir empat kali lebih besar dari 4K 2160p, enam belas kali 1080p, tiga puluh enam kali 720p, yang juga disebut kualitas HD.

Apa Itu YouTube-DL

Sebagaimana kita tahu bahwa youtube-dl adalah salah aplikasi YouTube downloader Linux yang merupakan aplikasi yang paling ringan (lightweight) dan cepat dalam download YouTube serta mampu me-resume download ketika terjadi interupsi jaringan internet (tidak perlu mengulang download video dari awal). Youtube-dl ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Python dan untuk cara install youtube-dl melalui Terminal maupun Software Manager silahkan lihat tulisan “Cara Download Video YouTube Melalui Terminal

update youtube-dl ubuntu linux mint

Cara Update youtube-dl ke Versi Terbaru di Ubuntu Mint eOS

Apabila kita menginstal aplikasi dari Software Manager / Software Center maka secara otomatis kita mengambil aplikasi dari repositori Linux Mint yang menginduk kepada Ubuntu. Semua aplikasi Linux yang berada di dalam repositori adalah versi stabil dan juga ada sebagian yang ketinggalan update terbaru dari pengembangkanya.

Sebagai contoh apabila sobat menginstal LibreOffice dari Software Manager, dengan kondisi saat ini tanggal 23 Januari 2017 maka sobat akan mendapatkan versi LibreOffice 5.1.4.2; sedangkan apabila sobat menginstal LibreOffice dari hasil download dari situs resminya yang juga versi stabil maka akan mendapatkan versi LibreOffice 5.2.4. Begitu juga dengan versi update youtube-dl yang juga sering telat update di software manager.

Cara Mengetahui Versi YouTube-DL

Nah gampang kan sobat cara update youtube-dl di Linux ke versi terbaru? Sobat dapat mengecek versi youtube-dl dengan caranya ketikkan perintah:

youtube-dl --version

Begitu juga yang terjadi dengan aplikasi Linux untuk download video YouTube yang bernama youtube-dl ini untuk cara updatenya silahkan ikuti langkah di bawah ya.



Cara Update youtube-dl Linux Mint / Ubuntu

Berikut ini adalah cara bagaimana mengupdate youtube-dl ke versi paling baru dengan cara yang paling mudah:

1. Remove

Buang dahulu youtube-dl versi lama yang sudah terinstal (apabila ada)

2. Download

Silahkan download versi terbaru youtube-dl melalui website resminya dan letakkan ke dalam folder /usr/local/bin

3. Do Update

Langkah terakhir adalah melakukan update terbaru youtube-dl melalui file yang sudah kita download pada langkah kedua di atas.

Script apa yang harus dijalankan untuk melakukan ketiga langkah tersebut? Ini jawabnya ketikkan 5 (lima) baris perintah berikut ini di Terminal:

sudo apt-get remove -y youtube-dl
sudo wget https://yt-dl.org/downloads/latest/youtube-dl -O /usr/local/bin/youtube-dl
sudo chmod a+rx /usr/local/bin/youtube-dl
hash -r
sudo youtube-dl -U

Selanjutnya sobat dapat melakukan download video YouTube di Linux Mint melalui Terminal dengan mengetikkan perintah youtube-dl diikuti dengan URL atau alamat video YouTube yang hendak diunduh.

Contoh Perintah YouTube-DL

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan aplikasi youtube-dl untuk download video dari Facebook dan YouTube di Ubuntu/Linux Mint.

Download YouTube Video di Linux

Download video paling simpel di Ubuntu/Linux Mint menurut kami adalah dengan menggunakan aplikasi, cukup ketikkan perintah berikut unduk download:

youtube-dl URL_YouTube

Contoh penggunaan:

youtube-dl https://www.youtube.com/watch?v=zp4qtMRFh6I

Download Playlist YouTube di Linux

Sobat bisa mengunduh dan menyimpan video YouTube dalam format mp3 dengan perintah berikut, ada dua cara:

youtube-dl -i Playlist_ID_YouTube
youtube-dl -cit URL_YouTube_Playlist

Contoh penggunaan:

youtube-dl -i PLlK0gGuioshA5QgHW0gHyYiXL_qdzalDJ
youtube-dl -cit https://www.youtube.com/watch?v=_AmJJXKJBwM&list=PLlK0gGuioshA5QgHW0gHyYiXL_qdzalDJ

Download MP3 dari YouTube

Selain download Playlist, sobat juga bisa download video YouTube dalam format mp3 audio, caranya dengan perintah:

youtube-dl --extract-audio --audio-format mp3 URL_YouTube

Contoh penggunaan:

youtube-dl –extract-audio –audio-format mp3 https://www.youtube.com/watch?v=zp4qtMRFh6I

Download Facebook Video di Linux

Untuk mengunduh video Facebook di Ubuntu / Linux Mint dapat menggunakan youtube-dl dengan perintah:

youtube-dl URL_Video_Facebook

Contoh penggunaan:

youtube-dl https://web.facebook.com/paudjateng/posts/2085794291531840

Review YouTube-DL

Perangkat lunak pengunduh video serupa lainnya melakukan tugas yang sepele, tetapi memerlukan biaya untuk menghapus limitasi atau fitur. YouTube-DL menawarkan fitur yang baik untuk download video dari YouTube di Linux dengan fasilitas penting seperti download playlist, audio only, dan masih banyak lagi.

Apabila sobat mencari program dowload video di Ubuntu Linux Mint melalui search engine akan keluar banyak sekali program yang menawarkan secara gratis maupun yang berbayar. Ada YouTube Downloader yang GUI seperti ClipGrab maupun yang melalui Terminal seperti youtube-dl.