Last Updated on by Linux Jateng

Peek adalah GIF screen capture di Linux yaitu recorder layar atau screen to GIF. Screen cast atau screen recorder Linux yang satu ini memiliki kemampuan merekam video di desktop Linux dan menyimpannya sebagai animasi GIF.




Untuk memudahkan penyampaian informasi, kami sajikan daftar isi sebagai berikut:

Table Of Contents

Peek - GIF Screen Capture di Linux
Peek – GIF Screen Capture di Linux

Screen Capture / Screen Recorder Adalah

Aplikasi screen capture atau screen recorder adalah sebuah software yang digunakan untuk merekam aktivitas desktop menjadi sebuah format video baik itu webm, mkv, mp4 atau bahkan gif. Ada beberapa screen caster terbaik yang dapat digunakan di Linux yaitu SimpleScreenRecorder (SSR), GTK Record My Desktop, Vokoscreen dan lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini sobat dapat dengan mudah membagikan tutorial apapun yang direkam melalui desktop Linux sobat, membagikan video pembelajaran, dan peruntukan yang bermanfaat lainnya.

Screen recorder pada dasarnya adalah cuplikan atau snapshot dari apa yang ada di layar sobat. Melalui konfigurasi perintah tertentu (bervariasi bergantung pada perangkat dan sistem operasi) sobat dapat menangkap seluruh jendela atau wilayah di layar desktop yang disimpan di memori sementara komputer Anda dan dapat disisipkan sesuai kebutuhan.

Apa Itu GIF

GIF singkatan dari Graphics Interchange Format adalah adalah format gambar bitmap yang dikembangkan oleh tim di penyedia layanan online CompuServe yang dipimpin oleh ilmuwan komputer Amerika Steve Wilhite pada tanggal 15 Juni 1987 (Wikipedia, 2020).

Peek – GIF Screen Capture Linux

Peek adalah software GIF screen recorder untuk Linux yang memungkinkan sobat melakukan screencast area tertentu di layar. Peek memudahkan sobat membuat screencast pendek dari suatu area layar (region). Screen caster dibangun untuk kasus penggunaan khusus dari area layar perekaman, misalnya untuk dengan mudah menampilkan fitur UI aplikasi sobat sendiri.



Dengan Peek gif screen recorder, sobat cukup menempatkan jendela Peek di atas area yang ingin Anda rekam dan tekan “Record” untuk memulai proses perekaman. Peek dioptimalkan untuk menghasilkan animasi video GIF, tetapi Anda juga dapat langsung merekam ke dalam format WebM atau MP4 loh.

Peek bukanlah aplikasi screencast tujuan umum dengan fitur yang diperluas tetapi lebih berfokus pada satu tugas membuat screen casting kecil dan senyap dari suatu area layar untuk membuat animasi GIF atau video WebM atau MP4 yang tidak bersuara.

Cara Install Peek – GIF Video Recorder Linux

Jika sobat memiliki Linux Mint 20.04 maka aplikasi Peek sebagai aplikasi gif screen capture dapat diinstal secara langsung karena tersedia di repository, caranya ketikkan saja perintah berikut:

sudo apt install peek

Jika versi Linux Mint atau Ubuntu sobat tidak tersedia Peek, maka dapat ditambahkan PPA dan instal seperti biasa. Caranya cukup dengan mengetikkan kode berikut satu per satu di Terminal:

sudo add-apt-repository ppa:peek-developers/stable
sudo apt update
sudo apt install peek

Untuk menjalankan Peek, sobat bisa mengaksesnya melalui menu Start >> Multimedia >> Peek dan berikut ini adalah jendela utamanya:

Peek - GIF Screen Capture di Linux
Cara menggunakan Peek: Tekan tombol “Record as GIF” lalu aplikasi akan merekam. Klik “Stop” untuk menyimpan video GIF

Cara Uninstall Peek

Sobat dapat dengan mudah menghapus software apapun di Linux dengan perintah apt purge dengan user root. Untuk menghapus Peek sebagai software gif screen capture di Linux cukup ketikkan perintah berikut ini:

sudo apt purge peek

Review Peek Screen Recorder

Setelah penggunaan selama kurang lebih satu bulan, aplikasi yang bernama Peek untuk screen recorder dan menyimpannya dalam format GIF banyak membantu sekali dalam memproduksi video berukuran kecil.

GIF Maker Linux

Ada beberapa software pembuat GIF di Linux untuk membantu pekerjaan membuat GIF; beberapa diantaranya dilengkapi dengan berbagai pilihan alat dan tambahan seperti yang sering terlihat di versi berbayar; Namun, Anda juga dapat mencapai hasil maksimal dengan alat pembuat GIF gratis seperti Peek GIF creator di Linux ini.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa orang menggunakan gambar GIF, padahal sudah jelas bahwa GIF mempermudah untuk menjelaskan situasi, seperti padanannya “emoji”, GIF memiliki kemampuan untuk mengekspresikan segala sesuatu mulai dari emosi hingga komik dengan rentang yang luas dan ide pemasaran.