Last Updated on by Linux Jateng

Cara Instal Opera Browser di Linux Mint dan Ubuntu versi terbaru paling mudah tanpa melalui Terminal. Saat ini Opera browser berbasis Chromium engine yang sebelumnya menggunakan engine buatan internal Opera sendiri tetapi mereka memutuskan untuk hal tersebut.




Untuk memudahkan pembacaan tulisan, ikuti sistematika berikut ini:

Table Of Contents

Apa Itu Opera Browser for Linux

Browser adalah aplikasi penjelajah Internet seperti misalnya Microsoft Edge dan Internet Explorer di Windows. Di Linux kami mencataat terdapat beberapa aplikasi browser Linux terbaik yang handal digunakan seperti Maxthon, Mozilla Firefox, Chromium, dll.

Sebagai salah satu aplikasi Browser di Linux, Opera memberi warna baru dalam software browser internet. Ada beberapa fitur yang ditanamkan khusus pada Opera browser seperti fasilitas VPN (Virtual Private NEtwork) yang berfungsi sebagai bypass alamat IP. Ada juga namanya opera Turbo yang akan membuat kontent gambar dikompresi oleh Opera sehingga mempercepat kecepatan loading sebuah halaman website.

Instal Opera Browser Linux Newest Version

Cara Instal Opera Browser di Linux

Sedangkan jika anda memilih versi terbaru dan termutakhir dari Opera Browser for Linux dapat mendownload langsung dari website opera. Perlu dicatat bahwa jika sebelumnya versi Opera untuk Linux link downloadnya tidak bekerja, maka kali ini sudah bekerja dan akan menyimpan file opera browser ke dalam komputer kita dengan ekstensi DEB.

Untuk mendapatkan versi terbaru Opera Browser di Linux, sobat harus mengunduhnya terlebih dahulu, silahkan ikuti langkah-langkah pemasangan Opera for Linux berikut ini:

Instal Opera Browser dengan cara klik 2x pada file yang sudah di download dan klik tombol “Install Package”. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Opera dapat dijalankan melalui klik Start Menu >> Internet >> Opera

Cara Uninstal / Remove Opera Browser Linux

Setelah proses instal Opera browser dan sobat sudah melakukan uji coba, mungkin hardisk penuh atau alasan lain, sobat bisa menghapus Opera Browser dari sistem Linux dengan cara mengetikkan perintah berikut ini pada Terminal:



sudo apt purge opera

Cara update Opera Browser di Linux

Cara melakukan update opera Browser di Linux Mint sangat mudah, sobat cukup jalankan “Mint Update Manager” , jika terdapat pembaruan maka secara otomatis akan ikut terbarui.

Hal ini berlaku ketika sobat pada saat instal Opera browser di Linux memutuskan untuk menambahkan list software source Opera dengan memilih Yes pada saat instalasi.

Dark Theme Opera Browser

Opera Browser memiliki 2 theme yaitu Light dan Dark. Sobat bisa memilih theme sesuai selera pada aplikasi opera dengan cara klik garis 3 horisontal yang ada pada pojok kanan atas, selain kustomisasi tema sobat juga bisa mengatur speed dial, silahkan eksplorasi saja.

Fitur Unggulan Opera Browser

Dengan pengembangan lanjutan Opera browser, ada beberapa fitur lebih yang menjadikan Opera unggul dalam hal layanan. Jadi setelah instal Opera browser sobat akan mendapatkan fasilitas seperti:

  • Ad Blocker: Opera memiliki fasilitas ad blocker yang akan memblokir iklan untuk sobat
  • Integrated Messenger: Opera browser memiliki tab pane di samping kiri yang dapat difungsikan untuk mengakses WhatsApp, Telegram, dan Instagram
  • Personal news: sebagaimana browser lain, Opera mengirimkan feed berita terbaru di dalam browsernya, tapi tenang saja jika sobat tidak membutuhkan ini bisa di nonaktifkan
  • Snapshot tool: dapat digunakan untuk capture halaman website
  • Opera flow: dapat mengirimkan file antara 2 perangkat yang ada operanya
  • Search in tabs: sebagaimana browser lain jika sobat mengetikkan sesuatu di address bar maka jika formatnya bukan URL maka otomatis akan mengarah ke search engine.
  • Video pop-out: video bisa melayang di atas halaman website sehingga kemanapun sobat menjelajah internet, video tersebut akan tampil
  • Import bookmark: dapat mengimpor bookmark dari browser lain, ini hal yang biasa pada sebuah browser
  • Free VPN: VPN gratis jika sobat membutuhkan koneksi yang membutuhkan privasi (akan menyamarkan IP asli sobat)
  • Sync data: melakukan sinkronisasi antar device
  • Battery saver: mode browser untuk menghemat daya, hal ini akan berguna sekali ketika sobat membuka Opera dari laptop, keren bukan
  • Unit converter: dapat melakukan konversi mata uang, zona waktu, dan satuan pengukurana
  • Twitter: Opera memiliki Twitter client bagi sobat yang suka mainan sosial media bernama Twitter

Review Opera Browser for Linux

Ada jutaan orang yang sudah instal Opera browser di seluruh dunia karena kecepatan, keamanan, dan berbagai fitur yang direkomendasikan. Menurut websitenya, Opera terus menambahkan peningkatan fitur, baik besar maupun kecil. Tetapi browser web Opera bukan hanya tentang fitur yang efisien akan tetapi tentang pengalaman online yang intelligence dan lancar – lebih cepat, lebih banyak konten, lebih menyenangkan. Jika sobat sedang mempertimbangkan Chrome vs Opera, atau Firefox vs Opera, silahkan unduh dan pasang browser Opera secara gratis dan lakukan perbandingan browser web sobat sendiri.

Opera Browser saat ini didukung Chrome Extension dengan lebih dari 1000 ekstensi yang juga dapat digunakan Opera (karena memiliki based yang sama yaitu Chromium). Selain itu Opera Browser juga menyediakan login untuk sinkronisasi akun pengguna Opera Browser dengan keuntungan semua browser dan preferensi tersimpan secara online dan anda ketika menginstal Opera di komputer lain anda tidak perlu melakukan setting, cukup login dan semua preferensi anda akan disinkronisasi secara online.