Last Updated on by Linux JatengCara install Iridium browser dan revienya ada disini –Iridiumbrowser adalah sebuah web broser multi platform yang berbasiskan pada kode dasar Chromium. Semua modifikasi yang dilakukan Iridium dilakukan unutk meningkatkan privasi pengguna dan memastikan bahwa teknologi terbaru dan terbaik yang aman digunakan.




Ada banyak browser untuk Linux salah satunya adalah Google Chrome yang dikenal cepat, stabil, dan ramah pengguna, tetapi rumornya tidak memenuhi banyak tuntutan organisasi untuk privasi. Karena integrasi yang ketat dengan perusahaan Google maka membuat Chrome tidak sesuai dengan lingkungan data yang menjunjung tinggi privasi.

Nah Iridium bukanlah web browser baru yang dikembangkan dari awal tetapi sebuah modifikasi kode sumber Chrome yang bernama Chromium dimodifikasi untuk meningkatkan keamanannya dan menetapkan kebijakan privasi secara default.

Cara Install Iridium Browser di Linux Mint dan Review

Keunggulan Iridium Browser

Transparansi

Dengan Iridium seluruh proses sepenuhnya transparan. Repositori Github tersedia secara publik memungkinkan modifikasi langsung pada semua perubahan yang dibuat akan direkam oleh sistem. Oleh karena itu, kode sumber lengkap tersedia untuk dilakukan audit agar transparan.

Privasi

Iridium browser menggunakan perangkat tambahan untuk memberikan tingkat keamanan tanpa mengorbankan kompatibilitas. Chromium digunakan oleh Iridium sehingga browser ini sangat aman, dan cepat dengan kualitas yang sama.

Kemampuan untuk deployability

Iridium membagikan installer yang siap pakai dan lintas platform sehingga mudah di distribusikan dan diinstal langsung tanpa terkoneksi dengan internet. Hal ini akan memudahkan administrator jaringan melakukan instalasi browser tanpa harus terkoneksi Internet.

Kecepatan

Iridium hanya cepat dengan cara apapun. Ini dimulai sangat cepat dan memuat dan merender juga situs web yang sangat kompleks sangat cepat.

Kemudahan penggunaan

Hanya setiap orang dapat menggunakan Iridium segera. Hal ini sederhana dan mudah untuk menangani, tidak memerlukan pengetahuan khusus sama sekali.

Cara Install Iridium Browser

Sobat bisa melakukan pemasangan Iridium browser dengan cara menambahkan PPA yang sudah tersedia dari website resmi Iridium lalu pilih Debian karena Ubuntu/Linux Mint basisnya Debian, lanjutkan denga memulai proses instalasi. Simpelnya ketikkan perintah berikut di Terminal:



wget -qO – https://downloads.iridiumbrowser.de/ubuntu/iridium-release-sign-01.pub|sudo apt-key add –
cat <<EOF | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/iridium-browser.list
deb [arch=amd64] https://downloads.iridiumbrowser.de/deb/ stable main
#deb-src https://downloads.iridiumbrowser.de/deb/ stable main
EOF
sudo apt update
sudo apt install iridium-browser

Cara lain adalah dengan melihat langsung file DEB yang tersedia, cukup buka link Iridium browser ini https://downloads.iridiumbrowser.de/deb/ lalu download file DEB. Jika sudah terdownload cara instalasinya cukup klik 2x pada file DEB lalu pilih install.

Cara menjalankan Iridium browser dari Start >> Internet >> Iridium Browser. Selesai.

Review Iridium Browser

Iridium browser sama seperti aplikasi browser Linux lainnya yang berbasiskan kode sumber Chromium, rasanya pun sama dan tidak ada isimewanya. Bagi sobat yang tidak cukup 1 browser di dalam sebuah OS maka Iridium browser ini patut untuk dicoba karena ketangguhannya diturunkan dari Chromium source code. Mesin pencari yang sudah include di dalamnya ada Google, Bing, Yahoo, Ask!, DuckDuckGo, Qwant, AOL.