Last Updated on by Linux Jateng

Epub Reader di Linux dengan Foliate – aplikasi membuka epub di linux merupakan software terbaik di linux untuk membuka file epub yang merupakan singkatan dari electronic publication.




Foliate mungkin menjawab semua pencarian sobat tentang aplikasi pembaca epub di Linux. Foliate menunjukkan perkiraan waktu membaca dan halaman yang tersisa di buku. Anda dapat menambahkan bookmark, menyorot teks, dan menambahkan catatan. Anda dapat mengekspor data ini atau menyinkronkannya dengan mudah.

Hasilnya, Anda sekarang dapat menjelajahi dan mengunduh eBook gratis dengan menggunakan fitur penemuan eBook baru di Foliate. Ini dapat dilakukan dengan membuka Library baru (tersedia di menu hamburger), lalu beralih ke tab Katalog. Dalam halaman ini akan disajikan bagaimana cara instalasi Foliate dan review aplikasi ini. Sistematika penulisannya sebagai berikut:

Foliate Aplikasi Pembaca Epub Terbaik di Linux

Apa Itu Epub …

Sebuah format file elektronik yang ketika dibuka isinya adalah sebuah dokumen sama halnya seperti file pdf dan xps. Jika sobat sudah kenal PDF yang misalkan pdf tersebut dibuat dalam kertas ukuran F4 maka jika dibuka di smartphone layar kecil maka tampilan ukuran font atau huruf juga akan kecil jika ditampilkan 1 halaman penuh.

Lain halnya dengan Epub, font pada format file ini dapat menyesuaikan ukuran layar karena pada dasarnya epub berisi kode HTML sebagaimana layaknya sobat membuka website. Jadi ketika file epub sobat buka di smartphone maka ukuran font akan membesar dengan sendirinya.

Cara Instal Foliate Epub Reader Linux

Sebagai epub reader terbaik di Linux, Foliate sudah tersedia file deb yang dapat digunakan untuk pemasangan di Linux Mint, Ubuntu, Elementary OS dan lainnya. Caranya sebagai berikut:

  1. Download installer versi terbaru Foliate dari Github pilih ektensi DEB,
  2. Install dengan cara double klik pada paket aplikasi installer yang sudah di download, atau dengan cara mengetikkan perintah di terminal sudo dpkg -i namapaket
  3. Jika sudah selesai prosesnya, Foliate dapat dibuka dari Menu >> Office >> Foliate
  4. Buka Epub dari garis 3 di pojok kanan atas, pilih “Open Book”; atau file epubnya langsung diklik kanan pilih “Open with Foliate”

Fitur Utama Foliate Epub Reader Linux

Selain mengganti jenis dan ukuran font agar sobat dapat membaca dengan lebih jelas dan leluasa, ada beberapa keunggulan yang dibenamkan dalam aplikasi ini yaitu dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Mode membaca bebas gangguan
  • Tampilan dua halaman dan tampilan bergulir kontinyu
  • Mode membaca gulir terus menerus
  • Penyesuaian font, spasi baris, margin & kecerahan halaman
  • Beragam tema, termasuk dark mode
  • Slider untuk maju mundur halaman
  • Penanda bab
  • Bookmark
  • Dukungan gerakan trackpad
  • Dukungan anotasi teks
  • Fitur pencarian “Search”
  • Pencarian kata (Wiktionary, Wikipedia dan kamus)
  • Menampilkan metadata epub
  • Opsi ‘bayangan halaman’
  • Integrasi Google Terjemah
Foliate Aplikasi untuk Membuka Epub di Linux

Review Foliate Pembaca Epub di Linux

Sepengetahuan kami sampai postingan ini diterbitkan terdapat beberapa aplikasi yang digunakan untuk membuka file epub diantaranya adalah Okular, FB Reader, Calibre, dan lain sebagainya.

FB Reader ringan aplikasinya tapi tampilan interfacenya standar fungsionalitas. Okular memang oke tapi masih kalah dalam segi interface dibanding Foliate. Jadi dalam hal tampilan aplikasi untuk membaca epub terbaik di Linux adalah Foliate.



Pembaca ebook di Linux bernama Foliate didesain secara eksklusif untuk Linux, Foliate adalah aplikasi GTK yang sederhana dan tampil modern desktop Linux seperti Linux Mint dan Ubuntu.

Meskipun mungkin lebih mudah untuk membaca ebooks pada perangkat e-reader khusus (seperti Amazon Kindle, Nook, dll), ada beberapa fitur yang dapat ditawarkan oleh penampil e-book di PC yang tidak dapat ditawarkan oleh perangkat e-reading khusus.

Foliate adalah aplikasi yang sangat bagus untuk ukuran fasilitas yang ada. Paket deb terinstal dengan sempurna untuk turunan Debian. Juga anotasi berfungsi untuk perubahan. Saya rasa desainnya juga terlihat bagus. Mengapa ada orang yang menggunakan perangkat lunak lain jika hal seperti ini ada?

Setelah mencoba beberapa epub reader di Linux, semua tersingkirkan setelah adanya Foliate ini, nyaman digunakan dan tampilan intuitive. Ketika baru saja sobat memasang Foliate di Linux, sobat akan merasakan sebenarnya software untuk membuka epub di Linux ini lebih halus daripada alternatif desktop.