Last Updated on by Linux Jateng

Foxit PDF Reader Linux – Adalah aplikasi membuka file pdf di Linux Mint atau Ubuntu atau distro lain. Ada berbagai pdf reader for Linux yang semuanya sudah kami tulis daftarnya pada tulisan .




Untuk memudahkan pembacaan dan pemahaman berikut kami berikan sistematika penulisan sebagai berikut:

Table Of Contents

PDF Reader For Linux

PDF reader adalah sebuah aplikasi untuk membuka file pdf singkatan dari portable document format. Dengan format ini sobat dapat membuka file yang berbasiskan kata beserta ilustrasi dalam platform sistem operasi apapun dalam format yang sama (tidak berubah).

Jika sobat memiliki katakanlah Microsoft Office memproduksi file docx di Windows maka jika dibuka di Linux dengan menggunakan aplikasi LibreOffice Writer di Windows atau Linux maka kompatibilitasnya kurang dalam artian format tulisannya berantakan (ada yang tidak sesuai misal: halaman berubah, font berganti, dll).

Lain ceritanya ketika sobat mengekspor filenya terlebih dahulu ke pdf, maka file pdf ini ketika dibuka di aplikasi apapun dan sistem operasi mana saja maka formatnya akan tetap sama atau tidak mengalami perubahan.

Foxit PDF Reader for Linux

Nah bicara soal aplikasi untuk membuka file pdf terbaik di Linux, kami ada beberapa yang masuk ke dalam nominasi diantaranya adalah Foxit PDF Reader for Linux yang merupakan standar aplikasi untuk membaca file pdf di berbagai sistem operasi.

Foxit PDF Reader for Linux
Jendela Foxit PDF Reader for Linux

Dengan fasilitas yang diberikan misalnya bookmark pdf sehingga tampil di side pane sebelah kiri untuk memudahkan navigasi sobat, selanjutnya tampilan intuitif, cepat dijalankan juga menjadi pertimbangan kami dalam memasukkan Foxit PDF reader di Linux jajaran aplikasi terbaik untuk membaca pdf.

Cara Install Foxit Reader di Linux

Foxit reader tidak tersedia di repository Ubuntu sehingga sobat harus instal manual. Prosesnya mudah sekali tidak ada perintah di Terminal cukup ikuti tahapan pemasangan berikut ini:



  1. Download Foxit PDF dari website resminya https://www.foxitsoftware.com/pdf-reader/
  2. Klik tombol “Free Foxit Reader Download – No Registration Requires” yang artinya sobat tidak usah melakukan pendaftaran email untuk mendownload
  3. Pilih sistem operasi Linux x64 yang menandakan arsitektur Linux 64 bit
  4. Selanjutnya sobat akan mendapatkan file installer dengan ekstensi .tar.gz misalnya FoxitReader.enu.setup.2.4.4.0911.x64.run.tar.gz
  5. Klik kanan pada file .tar.gz tersebut lalu pilih “Extract Here”, nanti sobat akan menemukan file lagi di dalamnya dengan ekstensi .run dalam percobaan kali ini kami mendapatkan file FoxitReader.enu.setup.2.4.4.0911(r057d814).x64.run
  6. Cara instalasi berikutnya cukup mudah, double klik saja pada file .run sehingga muncul jendela installer “Foxit Reader Setup” seperti gambar berikut ini:
Foxit Reader for Linux Setup
  1. Pada jendela di atas, Foxit Reader akan diinstal pada path /home/itgov/opt/foxitsoftware/foxitreader silahkan ganti jika diperlukan, jika tidak tau harus berbuat apa silahkan klik “Next” saja
  2. Klik “I accept the license” lalu klik Next untuk memulai proses instalasi. Klik “Finish” jika sudah selesai prosensya.
  3. Foxit Reader dapat dijalankan melalui menu Start >> Office >> Foxit PDF Reader. Tampilan utamanya pada pada gambar di atas.

Cara Uninstall Foxit PDF Reader di Linux

Bagaimana cara uninstal / hapus / remove Foxit PDF Reader di Linux? Cukup mudah karena yang dilakukan cukup menghapus lokasi folder dimana tempat instalasi Foxit Reader sebelumnya.

Pada conoth di atas, buka folder dengan path /home/itgov/opt/ sobat akan menemukan folder foxitsoftware silahkan tekan Cltrl+Del pada keyboarad untuk menghapus permanen tanpa melalui Trash. Selesai

Review Foxit Reader di Linux

Pengalaman selama menggunakan Foxit PDF Reader di Linux adalah aplikasi ini bagus untuk keperluan membaca file pdf dan juga memberikan anotasi, bookmark pada file pdf. Selain itu Foxit PDF juga handal dalam menangani urusan cetak-mencetak (print) file pdf pada printer.

Kekurangan yang dialami adalah font yang digunakan dalam interfacenya adalah Monospace ala Courier New atau Consolas jadi rasanya seperti kode pemrograman. Hang? Kadang-kadang mengalami ketika menambahkan bookmark, atau ketika ingin menampilkan toolbar “view toolbar”.