Last Updated on by Linux Jateng

Aplikasi Squoosh compress gambar / foto di Linux terbaik. Apabila sobat menjumpai file yang dianggap besar dan ingin mengurangi ukuran gambar tanpa mengubah resolusi maka aplikasi yang satu ini dapat melakukannya dengan baik.




Sebuah foto yang dihasilkan kamera digital atau smartphone resolusi tinggi tentu saja ukurannya besar. Sebuah foto dikatakan ukurannya besar itu relatif karena sesuai peruntukannya. Misalkan sobat ingin menempatkan foto tersebut di dalam sebuah website atau ditempatkan dalam PowerPoint maka ukurannya harus maksimal 110 KB dengan tujuan website speed cepat, dan ukuran file ppt kecil.

Nah untuk keperluan tersebut dan compress foto peruntukan lain digunakan aplikasi ini. Untuk memudahkan pembacaan ikuti sistematika penulisan berikut ini:

Table Of Contents

Squoosh Compress Gambar / Foto di Linux
Squoosh Compress Gambar / Foto di Linux

Apa Itu Squoosh

Squoosh adalah aplikasi kompres ukuran gambar di Linux, Mac, dan Windows, software ini juga dapat melakukan resize atau mengurangi ukuran heigh width juga. Dengan slogan “Squoosh your images to get the best out of it” maka tepat sekali jika sobat mencari sebuah aplikasi Linux yang dapat mengkompresi gambar dengan mudah secara GUI.

Kelebihan & Fitur Squoosh

  • Manipulasi gambar yang mudah: dapat mengoptimasi, resize ukuran dan pixel, compress dan konversi gambar ke format lain.
  • Kualitas gambar terbaik: Squoosh menghasilkan output dengan kualitas gambar terbaik yang memungkinkan.
  • Offline: Aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet untuk melakukan konversi gambar.
  • Interface menarik: hanya dengan melakukan drag and drop file gambar ke dalam aplikasi Squoosh anda dapat melakukan compress picture.
  • Gratis: aplikasi ini sifatnya open source dalam artian sobat dapat menggunakannya, mendistribusikannya dan juga memodifikasi untuk pengembangan
  • Multi OS: Squoosh dapat dijalankan pada sistem operasi Linux, Mac, dan juga Windows

Cara Instalasi Squoosh di Linux

Squoosh ada dua versi yaitu versi desktop dan versi web yang dijalankan secara online. Untuk versi desktop dapat diinstal di Linux dengan tahap-tahap berikut ini:

  1. Download aplikasi Squoosh melalui website resminya https://squoosh-desktop.now.sh/
  2. Pilih sistem operasi Linux, dan pilih DEB untuk memudahkan instalasi pada Linux Mint dan Ubuntu (AppImage sendiri merupakan aplikasi portabel di Linux)
  3. Jika sudah mendapatkan filenya, silahkan double klik dan “Install Package” untuk memproses instalasi. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  4. Squoosh dapat diakses melalui menu Start >> Graphics >> Squoosh Desktop. Tampilannya sebagaimana gambar di atas

Cara Uninstall Squoosh di Linux

Aplikasi Squoosh compress gambar di Linux dapat bekerja secara optimal, tetapi jika sobat ingin menghapus aplikasi ini caranya cukup mudah, ketikkan saja perintah di Linux Terminal perintah:

sudo apt purge squoosh-desktop-app

Review Squoosh Compress Gambar di Linux

Squoosh image resizer in Linux become easy. Sobat bisa shrink gambar atau foto ke dalam resolusi dan atau ukuran yang dikehendaki dengan mudah dengan aplikasi yang satu ini.

Kelebihan yang dimiliki Squoosh adalah tampilan UI yang ringan dan menarik, dan fasilitas yang diberikan sekedar shrink & resize image saja di Linux. Sementara untuk kekurangan tidak ada, hanya perlu penambahan fitur edit foto seperti memberikan anotasi, shape, dan lainnya.



Cara Menggunakan Squoosh

Saatnya kita praktek menggunakan aplikasi Squoosh untuk mengecilkan ukuran file gambar di Linux ya sobat! Caranya buka aplikasi Squoosh melalui menu Start atau juga bisa melalui Terminal dengan mengetikkan squoosh-desktop-app

Jika aplikasi sudah terbuka, silahkan drag & drop file gambar ke dalam aplikasi Squoosh, selanjutnya pilih persentase kompresi di sebelah kiri dengan menggerakkan slider. Ukuran estimasi file nantinya juga terlihat disitu, keren bukan?

Untuk mengubah ukuran resolusi gambar, sobat cukup centang “Resize” lalu sobat bisa memasukkan ukuran height (tinggi) dan width (lebar) yang kana menjadi output nantinya. Jika sudah semua, sobat bisa simpan gambar hasilnya dengan cara klik anak panah ke bawah yang ada di pojok kanan bawah. Simpan dengan nama yang dikehendaki. Done! Semoga tulisan ini bermanfaat dan bagikan ke sobat lainnya ya!