Last Updated on by Linux Jateng

Aplikasi Office Suite di Linux Terbaik Gratis – Setidaknya kami mencatat ada beberapa software Linux untuk pengolah kata, angka, dan presentasi atau dikenal dengan nama software office suite. Untuk memudahkan pembacaan artikel di halaman ini, berikut ini kami sajikan daftar isi terlebih dahulu:




Table Of Contents

Apa Itu Office Suite di Linux

Office suite adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan untuk pekerjaan kantor tenaga administrasi. Aplikasi dimaksud biasanya berisi software pengolah kata (word), pengolah angka, dan untuk membuat file presentasi semuanya ada di dalam sebuah installer aplikasi.

Salah satu paket aplikasi dalam kategori ini adalah Microsoft Office yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft maupun OpenOffice sebuah paket serupa namun tersedia dalam bentuk lisensi terbuka bagi masyarakat.

Berkat adanya aplikasi seperti ini, keperluan dan kebutuhan kantor dapat dengan mudah diselesaikan dan dikelola.

Aplikasi Office Suite Linux Terbaik

Ada beberapa paket office suite di Linux yang cukup handal bisa menandingi Microsoft Office di Windows. Paket aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

WPS Office

WPS Office Linux

Kenapa kami menempatkan WPS Office di tempat pertama? Karena interface atau tampilan yang mirip sama seperti Microsoft Office. Untuk cara instalasi dan reviewnya silahkan lihat Panduan Instal WPS Office.



WPS Office Linux menyediakan paket aplikasi yang lengkap dan sering dipakai sehari-hari terdiri dari aplikasi WPS Writer untuk menulis dokumen kata, WPS Spreadsheets untuk mengolah mengolah dokumen berbasis angka, WPS Presentation untuk membuat dokumen presentasi, dan juga WPS PDF sebagai aplikasi pembuka file PDF di Linux lengkap sudah bukan?

Untuk versi yang berbayar dan tampilan juga mirip Microsoft Office ada pilihan lain yaitu SoftMaker Office. Sementara yang versi gratis bernama SoftMaker Free Office.

SoftMaker Free Office

SoftMaker Free Office Suite Gratid di Linux

SoftMaker Free Office menawarkan paket office untuk Linux, Mac, dan Windows secara gratis untuk penggunaan rumah maupun kebutuhan bisnis. Free Office menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan karena mewarkan fungsionalitas dan juga interface yang mumpuni.

Aplikasi yang ditawarkan ada 3 jenis utama sebagaimana WPS Office yaitu FreeOffice TextMaker sebagai pengolah kata yang mampu mengekspor dokumen ke dalam format pdf dan epub, FreeOffice PlanMaker sebagai spreadsheet pengolah angka, dan FreeOffice Presentations yang biasa digunakan sebagai pengolah presentasi.

LibreOffice

LibreOffice 7 Office Suite for Linux

LibreOffice sudah tidak asing lagi bagi pengguna Linux karena office suite Linux yang satu ini sudah terinstal secara default di Linux Mint, pengguna distro lain juga banyak yang menginstal LibreOffice sebagai pemenuh kebutuhan administrasi perkantoran harian mereka. Lebih jauh mengenai LibreOffice dan bagaimana cara update / upgrade di Linux silahkan baca tulisan kami Cara Instal, Update, Upgrade LibreOffice di Linux.

Paket aplikasi office yang ditawarkan LibreOffice lebih lengkap dari WPS Office yaitu sebanyak 6 (enam) aplikasi yang terdiri dari LibreOffice Writer untuk menuliskan dokumen word, LibreOffice Calc untuk mengolah angka, LibreOffice Impress untuk membuat presentasi di Linux, LibreOffice Base sebagai database management system (DBMS), LibreOffice Draw sebagai aplikasi untuk menggambar sama seperti Microsoft Visio, LibreOffice Math untuk menuliskan rumus matematika sebagaimana Microsoft Math.

OnlyOffice Desktop

OnlyOffice aplikasi office linux

OnlyOffice menawarkan beragam versi paket aplikasi office suite mulai dari enterprise, developer, cloud, dan versi desktop yang dapat dijalankan pada sistem Linux, Mac, dan Windows. Nah yang versi OnlyOffice desktop inilah yang tidak berbayar.

Only Office menyediakan paket aplikasi office yang terdiri dari Documents yang dipakai untuk urusan ketik-mengetik surat, skripsi, dll, Spreadsheets berfungsi sebagai pengolah angka, dan Presentations yang digunakan untuk membuat dan mengedit file presentasi.

Untuk urusan tampilan interface, Only Office mirip dengan Microsoft Office tapi yang versi web atau online.

Google Drive

Google Drive: Google Docs, Slides, Sheets

Google Drive adalah penyimpanan online dimana sobat bisa memanfaatkan Google Docs untuk menuliskan kata (word processor), Google Sheets untuk mengolah angka, dan Google Slides untuk membuat presentasi powerpoint secara online melalui halaman browser web.

Semua layanan tersebut terintegrasi secara utuh dengan sebuah akun tunggal @gmail.com sehingga untuk mengakses layanan Google secara gratis sobat perlu mendaftar email terlebih dahulu.

Microsoft Office 365

Office 365 Online

Sobat bisa mendapatkan Microsoft Office online yang bisa diakses melalui website dengan kapasitas penyimapan 5GB secara gratis dengan akun biasa. Dengan akun jenis ini ( @outlook.com atau @live.com ) sobat bisa Word, Excel, dan PowerPoint secara online dan penyimpanan bernama OneDrive.