Last Updated on by Linux Jateng

WPS Office Aplikasi Office di Linux Mirip Microsoft Office. WPS Office merupakan Kloningan Microsoft Office di Linux dan menjadi best office suite di Linux dengan fungsionalitas yang dikatakan hampir sama MS Office.




Untuk memudahkan pembacaan tulisan, kami sediakan tata penulisan dalam daftar isi berikut:

Table Of Contents

WPS Office Linux Seperti Microsoft Office

Microsoft Office di Linux

Microsoft Office adalah aplikasi terbaik dengan segudang fasilitas yang memudahkan pemakainya dalam menjalankan aplikasi kantor seperti mengolah kata, mengolah angka dan membuat presentasi yang berjalan pada sistem operasi Windows usungan Microsoft. Sayangnya hingga revisi pertama tulisan ini dirilis (13 Agustus 2013) pihak Microsoft belum menjualnya untuk pengguna Linux mengingat filosofi linux adalah open source yang sifatnya gratis.

Saking gencarnya Microsoft mengkampanyekan bahwa menggunakan software ilegal itu berbahaya, akibatnya sekarang banyak pengguna Windows yang beralih menggunakan Linux, sistem operasi gratis tersebut. Permasalahan yang timbul sekarang adalah aplikasi apa yang sesuai enak dipakai dan memadai ketika familiar menggunakan Windows dahulu. Nah pada bahasan kali ini saya akan fokus membahas aplikasi yang digunakan untuk office yaitu WPS Office sebagai kloningan dari Microsoft Office.

WPS Office for Linux

WPS Office adalah Office Suite untuk Linux, Windows dan Android, dikembangkan oleh Kingsoft China. Dengan tampilan yang menarik seperti Microsoft Office tidak heran jika WPS Office Suite ini akan menyaingi salah satu kerabat Office Suite lainya seperti LibreOffice, Only Office. Tiga paket aplikasi yang dikemas dalam WPS Office Suite adalah:

  1. Writer – Word processing application
  2. Presentation – Slidshow presentation maker
  3. Spreadsheets – Spreadsheet application

Cara Install WPS Office di Linux

Yang saya gunakan adalah Linux Mint, jadi setelah mendownload installer WPS Office dari website resmi untuk Linux tersebut dengan ekstensi .deb, cara instalasinya adalah dengan double click file yang sudah diunduh sebelumnya dan dilanjutkan klik tombol “Install Package”, tunggu beberapa saat hingga proses instalasi WPS Office.

Berikut ini langkah-langkah instalasi WPS Office di Linux secara lengkap:

  1. Buka situs resmi WPS Office https://www.wps.com/download dan pilih installer untuk Linux dengan ekstensi .DEB
  2. Jika sudah selesai silahkan pasang program pada desktop Linux sobat dengan cara double klik pada file yang sudah diunduh.

Cara Membuka WPS Office di Linux

Jika sudah memasang WPS Office maka sobat dapat membuka aplikasi melalui Start >> WPS Office dan pilih jenis WPS Office yang dikehendaki apakah Writer, Spreadsheets, atau Presentation.



Selain itu, aplikasi WPS juga tersedia melalui menu Start >> Office dan pilih aplikasi WPS yang dikehendaki.

Untuk menjalankan melalui Terminal, cukup ketikkan perintah wps

Cara Uninstall WPS Office Linux

Cara menghapus WPS Office di Linux dapat dilakukan dengan cara ketikkan perintah berikut ini pada Terminal:

sudo apt purge wps

Pengalaman Menggunakan WPS Office di Linux

Selama menggunakan WPS Office pada sistem operasi Linux, kami dapat memberikan review yang di dapat dari pengalaman harian di bawah ini:

WPS Office hingga artikel ini diterbitkan pertama kali hingga bulan September 2020 belum memiliki fasilitas pengolah database. Sedangkan aplikasi sejenis yaitu LibreOffice sudah terdapat Data Base Management System (DBMS). WPS Office hanya menyediakan aplikasi pengolah kata, angka, dan presentasi disertai aplikasi pdf reader.

Gambar pertama di atas adalah splash screen ketika WPS dijalankan. Dan berikut ini adalah paket aplikasi yang ditawarkan:

Silahkan klik masing-masing gambar untuk memperbesar tampilan WPS Office 2020, keterangan:

  • #Writer = Microsoft Word, Best Word Processor di Linux
  • #Spreadsheets = Microsoft Excel, Number Processor di Linux
  • #Presentation = Microsoft PowerPoint, Aplikasi WPS Office pengolah presentasi

Rekomendasi

Selain menggunakan WPS, sobat dapat menggunakan aplikasi office suite di Linux secara gratis yang lain, setidaknya kami mencatat 6 Aplikasi Office Terbaik di Linux.

Demikian bahasan aplikasi Microsoft Office pada Linux yang memiliki aplikasi alternatif bernama WPS Office. Keunggulan WPS Office adalah aplikasi ini mirip Microsoft Office dan bisa dikatakan sebagai aplikasi kloningan Microsoft Office. Yang menjadi kekurangan WPS Office adalah aplikasi ini belum mendukung aplikasi pengolah database.